Beranda Mahasiswa KKN Mahasiswa KKN UNILA Kampung Tanjung Harapan Adakan Penyuluhan Pemanfaatan Lahan Kosong kepada...

Mahasiswa KKN UNILA Kampung Tanjung Harapan Adakan Penyuluhan Pemanfaatan Lahan Kosong kepada Ibu-ibu PKK

51
0

ruangmustafa.com – Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) adalah organisasi kemasyarakatan yang memberdayakan wanita untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia.

Di desa ibu-ibu PKK terlibat dalam berbagai hal yang bertujuan untuk pembangunan desa. Dalam rangka memberdayakan Ibu-Ibu PKK mahasiswa KKN Universitas Lampung Kampung Tanjung Harapan, Kecamatan Anak Tuha memberikan penyuluhan tentang pemanfaatan lahan kosong di pekarangan rumah dan pemanfaatan limbah kulit jagung (kelobot) menjadi kerajinan tangan kepada PKK Tanjung Harapan.

Menaman apotek hidup dan warung hidup di pekarangan rumah merupakan salah satu cara memanfaatkan lahan kosong di rumah warga. Lahan yang semula kosong dapat ditanami tanaman obat dan sayur-sayuran yang dapat dikonsumsi sehari-hari.

Limbah kulit jagung atau kelobot jagung dapat disulap menjadi kerajinan tangan berupa bunga hias. Kelobot yang awalnya hanya menjadi sampah dapat dimanfaatkan menjadi hiasan rumah. Bunga hias dari kelobot juga mempunyai nilai ekonomi yang dapat menjadi mata pencarian sampingan kaum ibu.

Ibu-ibu di Tanjung Harapan biasanya merupakan ibu rumah tangga, sehingga waktu luangnya dapat digunakan untuk membuat kerajinan tangan berupa bunga hias.

Penulis: Mahasiswa KKN Kampung Tanjung Harapan

Tinggalkan Komentar