Beranda Berita Ketika Warga Lampung Tengah Merasa Aman dengan Program Kampung Terang Bupati Mustafa,...

Ketika Warga Lampung Tengah Merasa Aman dengan Program Kampung Terang Bupati Mustafa, Warga: Tidur Juga Bisa Nyenyak Sekarang

77
0

ruangmustafa.com – Program Lampung Tengah terang yang digagas Bupati Dr. Ir. Mustafa benar-benar amat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Kampung yang terang juga memberikan dampak positif bagi masyarakat, khususnya dari sektor keamanan. Suasana malam juga menjadi lebih ramai, aktifitas warga di malam hari kini tak lagi harus dirundung rasa was-was karena kampung mereka tak lagi gelap.

Kini, setiap rumah warga terang dengan setidaknya dua lampu neon yang menerangi permukiman sekaligus jalan-jalan kampung. Warga mengakui dengan lampu jalan di setiap rumah, wilayah mereka kian aman.

Suparman warga Kampung Simpangagung, Kecamatan Seputihagung mengatakan sejak program kampung terang digulirkan oleh Bupati Mustafa, kampungnya kini menjadi terang sekaligus aman.

“Dan yang terpenting kampung kami menjadi aman dari tindak kejahatan yang kerap dilakukan di malam hari. Kami sangat bersyukur sejak dipasangnya lampu-lampu di depan rumah warga kampung kami menjadi terang dan aman,” ujar Suparman.

Menurut Suparman, sebelum diberlakukan lampu jalan di tiap rumah, kampungnya kerap terjadi tindak kriminalitas di malam hari.Tidak sedikit rumah warga yang di sanggongi maling saat mereka terlelap. Bahkan dirinya juga pernah menjadi korban pembobolan rumah yang dilakukan oleh kawanan maling.

“Dulu rumah saya juga pernah di congkel sama maling. Barang-barang berharga seperti hape dan barang-barang berharga lainnya raib di gondol maling. Beberapa tetangga saya juga pernah kemalingan. Namun setelah dipasang lampu dan menjadi terang sudah tidak ada lagi maling di kampung kami. Karena sudah terang jadi kalau ada yang orang yang mencurigakan kelihatan,” ceritanya.

Sebagaimana diketahui, Lampung Tengah terang merupakan salah satu program unggulan Bupati Mustafa dalam rangka meningkatkan keamanan di Lampung Tengah. Kini setiap kampung telah dipasang lampu-lampu jalan di setiap rumah warga, sehingga kampung-kampung tersebut menjadi terang.

Saminah warga lainnya menambahkan, sejak kampungnya terang dirinya tidak lagi takut saat berjalan sendirian dimalam hari hanya sekedar untuk pergi ke warung atau kerumah kerabatnya. “Sekarang saya gak takut lagi jalan sendirian pas malam hari. Karena jalan-jalan sudah terang,” tuturnya.

Selain menekan angka kejahatan di malam hari, dengan adanya lampu yang menerangi setiap jalan di kampung tersebut, juga menekan terjadinya kecelakaan lalu lintas yang disebabkan jalanan gelap.

“Dulu sering banget ada motor yang jatuh karena gak tau ada lubang. Soalnya jalan gelap. Tapi sekarang sudah gak ada lagi yang kecelakaan di jalan tepat depan rumahnya,” ujar wanita paruh baya ini.

Saminah mengaku sangat senang dan berterimakasih kepada aparatur kampung dan pemerintah daerah karena telah menjadikan kampungnya menjadi terang dan aman. Keduanya berharap kedepan Kampung Simpangagung dan Kabupaten Lamteng menjadi daerah yang terang, aman, dan masyarakatnya sejahtera.

Tinggalkan Komentar