Beranda Berita Bersama Linmas dan Satpol PP, Cara Mustafa Inisiasikan Patroli Ronda Terpadu

Bersama Linmas dan Satpol PP, Cara Mustafa Inisiasikan Patroli Ronda Terpadu

40
0
Upaya peningkatan keamanan terus dilakukan Bupati Lampung Tengah Dr. Ir. Mustafa. Tak hanya memberdayakan masyarakat untuk melakukan ronda, Mustafa yang dikenal bupati ronda ini juga memberdayakan 9.641 personel Linmas dan 559 Satpol PP untuk melakukan patroli ronda. (Foto: Istimewa)

Ruangmustafa.com – Upaya peningkatan keamanan terus dilakukan Bupati Lampung Tengah Dr. Ir. Mustafa. Tak hanya memberdayakan masyarakat untuk melakukan ronda, Mustafa yang dikenal bupati ronda ini juga memberdayakan 9.641 personel Linmas dan 559 Satpol PP untuk melakukan patroli ronda. 

Tak hanya sekedar instruksi, Mustafa juga memfasilitasi para personel dengan kendaraan patroli untuk memantau keamanan di seluruh pelosok kampung. Sebanyak 28 kendaraan patroli telah diserahkan kepada 28 Danton Linmas di masing-masing kecamatan dan 8 mobil patroli untuk Satpol PP.  

Tak hanya itu, Mustafa juga memastikan bahwa program tersebut berjalan dengan baik. Pada ronda di Kampung Payungrejo Kecamatan Pubian, dengan mengendarai kendaraan patroli Satpol PP, Mustafa berkililing memantau aktivitas ronda di beberapa kampung di Pubian.

“Peningkatan keamanan di Lampung Tengah terus dimaksimalkan. Ronda telah dijalankan oleh masyarakat, sebanyak 2017 pos ronda juga telah dibangun. Tapi tentunya ini butuh pengawasan, karenanya kami berdayakan Linmas dan Satpol PP yang ada untuk terjun patroli,” ungkapnya, Minggu, (21/10/2017) dini hari.    

Tak hanya membantu masyarakat, keterlibatan Linmas dan Satpol PP dalam patroli ronda diharapkan juga membantu aparat kepolisian dalam menjaga keamanan di seluruh penjuru wilayah Lampung Tengah. Terlebih ketika rasio jumlah aparat kepolisian dengan jumlah warga belum seimbang. 

“Aparat kepolisian kita jumlahnya sekitar 800-an, sementara masyarakat kita lebih dari satu juta dan jangkauan wilayahnya 28 kecamatan. Tentunya rasio ini belum ideal. Karenanya patroli Linmas dan Satpol PP diharapkan bisa menjadi solusi atas kondisi tersebut,” ujar bupati. 

Dia juga berharap agar fasilitas yang diberikan kepada Linmas dan Satpol PP bisa diimbangi dengan kinerja terbaik dalam menjaga keamanan di seluruh wilayah. Terlebih, kata dia, gaji Linmas telah dinaikan menjadi tiga kali lipat. “Dengan adanya fasilitas kendaraan, saya harap tidak ada lagi alasan Linmas atau Satpol PP tidak ronda atau patroli,” tegasnya.

Patroli Tiap Malam, 1 Kendaraan Patroli Pantau 4 Kecamatan

Patroli keamanan oleh Linmas dan Satpol PP dilakukan tiap malam. Kasatpol PP Lampung Tengah Letkol Tri Widarbo menerangkan, satu kendaraan patroli memantau keamanan di 4 wilayah kecamatan. Patroli juga melibatkan Babinkantibmas, Babinsa, Camat dan SKPD di lingkungan Pemda Lampung Tengah.

“Program ini disebut dengan patroli terpadu, tak hanya Linmas dan Satpol PP tetapi juga Babinkantibmas dan SKPD. Tiap malam masing-masing tim menyisir tiap wilayah, melakukan rembuk kampung, patroli keliling dan dilanjutkan ronda bersama warga,” jelasnya.   

Menurutnya program patroli terpadu menjadi salah satu upaya Bupati Mustafa dalam meningkatkan percepatan pembangunan. Karena didalamnya tidak hanya berbicara keamanan, tetapi juga ada serap aspirasi warga lewat rembuk kampung yang masing-masing dipimpin camat dan pendamping percepatan pembangunan. 

“Dan yang perlu ditegaskan adalah kami (Satpol PP) tidak hanya melakukan patroli malam, tetapi juga siang hari untuk memantau aktivitas kerja ASN yang tidak disiplin. Mereka para ASN yang keluyuran di jam kerja akan ditindak dan dilaporkan. Dengan ini diharapkan ada peningkatan disiplin,” tegas Letkol Tri.(*)

Tinggalkan Komentar